RPP EEK Berkarakter KAS BANK (MDKB)

Posted: January 18, 2013 in akuntansi, RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                :  SMK ISLAM ANNUR LOSARI

Mata Pelajaran               :  Produktif Akuntansi

Kelas/Semester               :  XI / I

Pertemuan Ke                : 1 dan 2

Standar Kompetensi      :  Memproses dokumen dana kas di bank

Kompetensi Dasar          :  1.1 Mendeskripsikan administrasi kas bank

Indikator                        :  1.   Peralatan yang dibutuhkan untuk pencatatan kas bank disediakan

2.   Bukti transaksi pemakaian kas bank disiapkan

Alokasi Waktu               :  6 x 45 Menit ( 2x Pertemuan)

 

  1. I.       Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengkaji dan menganalisis dari berbagai sumber siswa mampu :

  1. Menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk pencatatan kas bank (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri,Disiplin, Tanggung Jawab)
  2. Menjelaskan bukti transaksi pemakaian kas bank (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Jujur)

“  Karakter siswa yang diharapkan  : 

  • Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Jujur, Disiplin

“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

  • Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan
  1. II.    Materi Ajar
  1. Pengertian kas

Pengertian kas adalah aktiva lancar yang meliputi uang kertas atau logam dan benda-benda lain yang mempunyai sifat seperti uang. Artinya dapat digunakan sebagai media tukar atau alat pembayaran yang sah.

  1. Komponen-komponen yang termasuk kedalam kas dan yang bukan kas.

Yang termasuk kas adalah :

–       Uang tunai

–       Uang yang ada di bank

–       Cek

–       Cek perjalanan

–       Kasir cek

–       Wesel pos

 

 

 

Yang tidak termasuk kedalam kas adalah :

–       Deposito berjangka

–       Uang yang disediakan untuk tujuan-tujuan tertentu

–       Cek mundur

–       Perangko

  1. Prosedur kas bank

Prosedur yang ditetapkan perusahaan baik untuk transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Sarana (alat dan bahan) yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan akuntansi.

 

III. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Tanya jawab
  4. Penugasan

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 dan ke-2

  1. Pra kegiatan (15 menit)

–          Salam dan presensi

–          Apersepsi materi tentang mengelola dokumen dana kas bank

–          Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan memahami dan mampu mendeskripsikan pengelolaan administrasi kas bank

  1. Kegiatan Inti (105 menit)

Dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi ini, guru melakukan:

  1. Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru akan:

1)      Memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai pengertian kas, komponen-komponen yang termasuk kedalam kas dan yang bukan kas, dan prosedur kas bank.

2)      Mendiskusikan materi bersama siswa tentang kas, komponen-komponen yang termasuk kedalam kas dan yang bukan kas, dan prosedur kas bank.

 

 

 

3)      Memberikan kesempatan pada siswa untuk mencari informasi tentang kas, komponen-komponen yang termasuk kedalam kas dan yang bukan kas, dan prosedur kas bank, misal perpustakaan dan internet.

4)      Memfasilitasi peserta didik untuk mencari alat dan bahan yang berhubungan dengan prosedur bank.

  1. Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi guru:

1)      Membiasakan peserta didik untuk mengamati alat dan bahan  yang ada di bank.

2)      Memfasilitasi peserta didik dengan pemberian tugas tentang alat dan bahan  terhadap bank  yang sudah mereka amati.

  1. Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru :

1)      Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberikan pujian bagi yang telah memahami materi dan memotivasi untuk lebih giat belajar bagi yang masih tertinggal.

Memberikan penilaian pada hasil pekerjaan yang sudah diselesaikan oleh peserta didik

 

selengkapanya silahkan klik disini ya

Comments
  1. Tyo says:

    Thankayu…
    bisa sedikit membantu Tugas UAS q…
    hohoho

Leave a comment